Eksplorasi design presentasi dengan Figma
Dwinawan Hariwijaya
April 13, 2021
Beberapa waktu lalu saya membuat eksplorasi design pitch deck atau design slide presentasi. Saya tertarik membuat design presentasi yang bersih, mudah dibaca dan memiliki layout yang unik.
Di tengah proses eksplorasi, saya mendapatkan beberapa catatan mengenai pembuatan design presentasi. Berikut beberapa catatan nya.
01
Presentasi atau Slide nya mau dikirim atau dipresentasikan langsung?
Design presentasi yang akan dikirimkan ke calon investor atau ke sebuah instansi akan memuat banyak penjelasan. Sedangkan untuk design yang dipresentasikan akan lebih simple karena penjelasan nya akan disampaikan secara langsung.
Untuk dikirim
Memiliki banyak informasi yang menjelaskan berbagai hal
Untuk dipresentasikan
Lebih simple dan minim informasi. Karena penjelasan nya akan disampaikan langsung
02
Untuk menampilkan data, pilih chart atau data visual yang mudah dipahami
Pilih chart atau data visual yang tidak menimbulkan multi-tafsir, karena jika salah membaca data, tujuan dari presentasi bisa tidak sukses. Pilih chart yang membuat audience dapat memahami data secara cepat dan maksud menampilkan data nya (apakah untuk membandingkan atau untuk proyeksi jangka panjang)
Doughnut Chart - Pembacaan datanya agak lama, melihat grafik nya dulu baru turun ke bawah melihat legenda atau info grafik nya
Bar Chart - Pembacaan datanya lebih cepat karena mudah membandingkan panjang bar atas dengan bawahnya
03
Memilih gambar sesuai dengan konteks
Penggunaan gambar pada design presentasi harus memiliki tujuan. Jangan hanya sekedar hiasan. Gambar dapat membantu audience untuk menangkap konteks informasi lebih cepat.
Menggunakan gambar orang yang sedang merasa kebingungan pada slide bagian problem untuk memperjelas konteks presentasi
Menggunakan gambar orang yang sedang menganalisa pada slide bagian market size untuk memperjelas konteks presentasi
04
Gunakan Plugin untuk mengkonversi design menjadi Power Point File
Nama plugin nya adalah Pitchdeck Presentation Studio. Plugin ini bisa mengubah design presentasi kalian di figma menjadi sebuah presentasi yang bisa dioperasikan seperti Keynote, atau mengubah design kalian menjadi file Power Point (PPT).
Coba Plugin
05
Hasil Eksplorasi Design Pitch Deck menggunakan Figma
Berikut adalah beberapa design hasil eksplorasi. Saya menggunakan beberapa style. Ada yang menggunakan gradient dan dark mode, ada yang menggunakan light mode dan simple.
Seberapa suka kamu dengan artikel ini?